Kompetensi merupakan perpaduan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dengan kata lain tersusun atas konsep dan fakta (yaitu pengetahuan), uraian keterampilan (misalnya kemampuan melakukan proses) dan sikap kerja (misalnya disposisi, pola pikir untuk melakukan sesuatu dan bertindak.
Kompetesi Digital Bisnis melibatkan penggunaan dan keterlibatan dengan teknologi digital, kritis dan bertanggung jawab untuk pembelajaran, di tempat kerja, dan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini mencakup literasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, literasi media, pembuatan konten digital (termasuk pemograman), keselamatan (termasuk kesejahteraan digital dan kompetensi terkait keamanan siber, kekayaan intelektual, pemecahan masalah dan pemikiran teknis.
Peserta:
Peserta yang mengikuti pelatihan adallah:
Masyarakat Umum
Pegawai
Pelaku Bisnis
Mahasiswa
Manfaat:
Manfaat yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan:
Memahami definisi dan persyaratan kompetensi digital bisnis
Identifikasi tingkat kompetensi dan persyaratannya
Kompetensi Digital Bisnis:
Pelatihan ini terdiri dari kompetensi Digital Bisnis Berikut:
5NO | KOMPETENSI | DESKRIPSI |
---|---|---|
1. | Information and Data Literacy |
|
2. | Communication and Collaboration |
|
3. | Digital Content Creation |
|
4. | Safety | · Untuk melindungi perangkat, konten, data pribadi, dan privasi di lingkungan digital. · Untuk melindungi kesehatan fisik dan fisiologis, dan untuk menyadari teknologi digital untuk kesejahteraan sosial dan inklusi sosial. · Menyadari dampak lingkungan dari teknologi digital dan penggunaannya |
5. | Problem Solving | · Untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah, dan untuk menyelesaikan masalah konseptual dan situasi masalah dalam lingkungan digital. · Untuk menggunakan alat digital untuk berinovasi dalam proses dan produk. · untuk selalu mengikuti perkembangan digital |