Pelatihan Kompetensi Digital

DBI menyediakan pelatihan berbasis kompetensi sehingga bermanfaat bagi peserta untuk menerapkan pada lingkungan kerja masing-masing. Setiap pelatihan disusun berdasarkan kompetensi (Pengetahuan dan Keterampilan) dalam silabus pelatihan.

Sub Layanan

No Image Available

Digital Competence Framework

Kerangka Kerja Kompetensi Digital menggunakan referensi dari "The Digital Competence for Citizens 2.2" yang dirilis oleh European Commission.Kompetensi digital melibatkan penggunaan teknologi digital untuk pembelajaran, aktifitas di tempat kerja, dan untuk partisipasi dalam masyarakat. Kompetensi ini mencakup literasi informasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, literasi media, pembuatan konten digital (termasuk pemrograman), keselamatan (termasuk kesejahteraan digital dan kompetensi yang terkait dengan keamanan siber), kekayaan intelektual, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis.DEFINISI:Kompetensi merupakan gabungan dari pengetahuan, keterampilan dan sikap, dengan kata lain, kompetensi merupakan gabungan dari konsep dan fakta (yaitu pengetahuan), deskripsi keterampilan (misalnya kemampuan untuk melakukan proses) dan sikap (misalnya disposisi, pola pikir untuk bertindak).PENGETAHUAN:Pengetahuan adalah hasil asimilasi informasi melalui pembelajaran. Pengetahuan adalah kumpulan fakta, prinsip, teori, dan praktik yang terkait dengan bidang pekerjaan atau studi.Contoh pengetahuan: Menyadari…, Mengetahui tentang…, Memahami bahwa…, dan lain sebagainya.KETERAMPILAN:Keterampilan tersebut adalah kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan menggunakan keterampilan untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah. Keterampilan digambarkan sebagai keterampilan kognitif (melibatkan penggunaan pemikiran logis, intuitif, dan kreatif) atau keterampilan praktis (melibatkan ketangkasan manual dan penggunaan metode, bahan, alat, dan instrumen).Contoh keterampilan: Tahu bagaimana melakukan…, Mampu melakukan…, Mencari…, dll.SIKAP KERJA:Mereka dipahami sebagai motivator kinerja, dasar untuk kinerja kompeten yang berkelanjutan. Mereka mencakup nilai-nilai, aspirasi, dan prioritas.contoh sikap: Terbuka terhadap…, Ingin tahu tentang…, Menimbang manfaat dan risikonya…, dll.5 AREA KOMPETENSI:1. Literasi Informasi Dan Data1.1. Menjelajahi, Mencari Dan Memfilter Data, Informasi Dan Konten DigitalUntuk mengartikulasikan kebutuhan informasi, untuk mencari data, informasi, dan konten dalam lingkungan digital, untuk mengaksesnya, dan untuk menavigasi di antara semuanya. Untuk membuat dan memperbarui strategi pencarian pribadi.1.2. Menilai Data, Informasi Dan Konten DigitalMenganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi secara kritis kredibilitas dan keandalan sumber data, informasi, dan konten digital. Menganalisis, menafsirkan, dan mengevaluasi secara kritis data, informasi, dan konten digital.1.3. Mengelola Data, Informasi Dan Konten DigitalUntuk mengatur, menyimpan, dan mengambil data, informasi, dan konten dalam lingkungan digital. Untuk mengatur dan memprosesnya dalam lingkungan yang terstruktur2. Komunikasi Dan Kolaborasi2.1. Berinteraksi Melalui Teknologi DigitalUntuk berinteraksi melalui berbagai teknologi digital dan memahami sarana komunikasi digital yang tepat untuk konteks tertentu.2.2. Berbagi Melalui Teknologi DigitalUntuk berbagi data, informasi, dan konten digital dengan orang lain melalui teknologi digital yang sesuai. Bertindak sebagai perantara, untuk mengetahui tentang praktik referensi dan atribusi.2.3. Kewarganegaraan Melalui Teknologi DigitalBerpartisipasi dalam masyarakat melalui penggunaan layanan digital publik dan swasta. Mencari peluang untuk pemberdayaan diri dan kewarganegaraan partisipatif melalui teknologi digital yang tepat.2.4. Berkolaborasi Melalui Teknologi DigitalUntuk menggunakan peralatan dan teknologi digital untuk proses kolaboratif, dan untuk pembangunan bersama dan penciptaan bersama data, sumber daya, dan pengetahuan.2.5. NetiketMengetahui norma perilaku dan pengetahuan saat menggunakan teknologi digital dan berinteraksi dalam lingkungan digital. Menyesuaikan strategi komunikasi dengan audiens tertentu dan menyadari keberagaman budaya dan generasi dalam lingkungan digital.2.6. Mengelola Identitas DigitalUntuk membuat dan mengelola satu atau beberapa identitas digital, untuk dapat melindungi reputasi seseorang, untuk menangani data yang dihasilkan melalui beberapa alat, lingkungan, dan layanan digital3. Pembuatan Konten Digital3.1. Mengembangkan Konten DigitalUntuk membuat dan mengedit konten digital dalam berbagai format, untuk mengekspresikan diri melalui sarana digital.3.2. Mengintegrasikan Dan Menyusun Ulang Konten DigitalUntuk mengubah, menyempurnakan, dan memadukan informasi serta konten baru ke dalam kumpulan pengetahuan dan sumber daya yang sudah ada guna menciptakan konten serta pengetahuan yang baru, orisinal, dan relevan.3.3. Hak Cipta Dan LisensiUntuk memahami bagaimana hak cipta dan lisensi berlaku pada informasi dan konten digital3.4. PemrogramanUntuk merencanakan dan mengembangkan serangkaian instruksi yang dapat dipahami bagi sistem komputasi untuk memecahkan masalah tertentu atau untuk melakukan tugas tertentu.4. Keamanan4.1. Perangkat PelindungUntuk melindungi perangkat dan konten digital, dan untuk memahami risiko dan ancaman dalam lingkungan digital. Untuk mengetahui tentang langkah-langkah keselamatan dan keamanan dan memperhatikan keandalan dan privasi.4.2. Melindungi Data Pribadi Dan PrivasiUntuk melindungi data pribadi dan privasi di lingkungan digital. Untuk memahami cara menggunakan dan membagikan informasi identitas pribadi sekaligus melindungi diri sendiri dan orang lain dari kerugian. Untuk memahami bahwa layanan digital menggunakan “Kebijakan privasi” untuk menginformasikan cara penggunaan data pribadi.4.3. Melindungi Kesehatan Dan KesejahteraanMampu menghindari risiko kesehatan dan ancaman terhadap kesejahteraan fisik dan psikologis saat menggunakan teknologi digital. Mampu melindungi diri sendiri dan orang lain dari kemungkinan bahaya di lingkungan digital (misalnya perundungan siber). Menyadari teknologi digital untuk kesejahteraan sosial dan inklusi sosial.4.4. Melindungi LingkunganUntuk menyadari dampak lingkungan dari teknologi digital dan penggunaannya.5. Penyelesaian Masalah5.1. Menyelesaikan Masalah TeknisUntuk mengidentifikasi masalah teknis saat mengoperasikan perangkat dan menggunakan lingkungan digital, dan menyelesaikannya (dari pemecahan masalah hingga penyelesaian masalah yang lebih kompleks).5.2. Mengidentifikasi Kebutuhan Dan Respon TeknologiUntuk menilai kebutuhan dan mengidentifikasi, mengevaluasi, memilih, dan menggunakan perangkat digital serta kemungkinan respons teknologi dan menyelesaikannya. Untuk menyesuaikan dan mengkustomisasi lingkungan digital dengan kebutuhan pribadi (misalnya aksesibilitas).5.3. Menggunakan Teknologi Digital Secara KreatifMenggunakan perangkat dan teknologi digital untuk menciptakan pengetahuan dan melakukan inovasi proses dan produk. Terlibat secara individu dan kolektif dalam pemrosesan kognitif untuk memahami dan menyelesaikan masalah konseptual dan situasi masalah dalam lingkungan digital.5.4. Mengidentifikasi Kesenjangan Kompetensi DigitalUntuk memahami bagian mana dari kompetensi digital seseorang yang perlu ditingkatkan atau diperbarui. Untuk dapat mendukung orang lain dalam pengembangan kompetensi digital mereka. Untuk mencari peluang pengembangan diri dan mengikuti perkembangan digital.
287
Selengkapnya

No Image Available

Tingkat Kemahiran Kompetensi Digital

TINGKAT KEMAHIRAN DIGITAL (PROFICIENCY LEVELS)
226
Selengkapnya

No Image Available

Penilaian Kompetensi Digital

263
Selengkapnya

No Image Available

Aplikasi Kompetensi Digital

Penilaian Indeks Kematangan Kompetensi Digital dilakukan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh DBI dan Tomo Teknologi Sinergi. Saat ini aplikasi sedang dibuat.
239
Selengkapnya
PELATIHAN KOMPETENSI DIGITAL BISNIS

PELATIHAN KOMPETENSI DIGITAL BISNIS

Kompetensi merupakan perpaduan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dengan kata lain tersusun atas konsep dan fakta (yaitu pengetahuan), uraian keterampilan (misalnya kemampuan melakukan proses) dan sikap kerja (misalnya disposisi, pola pikir untuk melakukan sesuatu dan bertindak.Kompetesi Digital Bisnis melibatkan penggunaan dan keterlibatan dengan teknologi digital, kritis dan bertanggung jawab untuk pembelajaran, di tempat kerja, dan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini mencakup literasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, literasi media, pembuatan konten digital (termasuk pemograman), keselamatan (termasuk kesejahteraan digital dan kompetensi terkait keamanan siber, kekayaan intelektual, pemecahan masalah dan pemikiran teknis.Peserta:Peserta yang mengikuti pelatihan adallah:Masyarakat UmumPegawaiPelaku BisnisMahasiswaManfaat:Manfaat yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan:Memahami definisi dan persyaratan kompetensi digital bisnisIdentifikasi tingkat kompetensi dan persyaratannyaKompetensi Digital Bisnis:Pelatihan ini terdiri dari kompetensi Digital Bisnis Berikut:5NOKOMPETENSIDESKRIPSI1.Information and Data LiteracyUntuk mengartikulasikan kebutuhan informasi, untuk mencari dan mengambil data digital, informasi dan konten.Untuk menilai relevansi sumber dan isinya.Untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur data digital, informasi dan konten2.Communication and CollaborationBerinteraksi, berkomunikasi dan berkolaborasi melalui teknologi digital dengan tetap menyadari keberagaman budaya dan generasi.Untuk berpartisipasi dalam masyarakat melalui layanan digital publik dan swasta serta kewarganegaraan partisipatif.Untuk mengelola kehadiran digital, identitas, dan reputasi seseorang3.Digital Content CreationUntuk membuat dan mengedit konten digital.Untuk meningkatkan dan mengintegrasikan informasi dan konten ke dalam kumpulan pengetahuan yang ada sambil memahami bagaimana hak cipta dan lisensi diterapkan.Untuk mengetahui bagaimana memberikaninstruksi yang dapat dimengerti untuk sistem komputer4.Safety·       Untuk melindungi perangkat, konten, data pribadi, dan privasi di lingkungan digital.·       Untuk melindungi kesehatan fisik dan fisiologis, dan untuk menyadari teknologi digital untuk kesejahteraan sosial dan inklusi sosial.·       Menyadari dampak lingkungan dari teknologi digital dan penggunaannya5.Problem Solving·       Untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah, dan untuk menyelesaikan masalah konseptual dan situasi masalah dalam lingkungan digital.·       Untuk menggunakan alat digital untuk berinovasi dalam proses dan produk.·       untuk selalu mengikuti perkembangan digital
92
Selengkapnya
PROPOSAL PELATIHAN KOMPETENSI DIGITAL

PROPOSAL PELATIHAN KOMPETENSI DIGITAL

Hubungi admin untuk proposaal pelatihan kompetensi digital bisnis dan transformasi digital
81
Selengkapnya

Manfaat Program

Manfaat 1