Kompetensi Digital - Digital Competence Framework
Kerangka Kerja Kompetensi Digital menggunakan referensi dari "The Digital Competence for Citizens 2.2" yang dirilis oleh European Commission.
Kompetensi digital melibatkan penggunaan teknologi digital untuk pembelajaran, aktifitas di tempat kerja, dan untuk partisipasi dalam masyarakat. Kompetensi ini mencakup literasi informasi dan data, komunikasi dan kolaborasi, literasi media, pembuatan konten digital (termasuk pemrograman), keselamatan (termasuk kesejahteraan digital dan kompetensi yang terkait dengan keamanan siber), kekayaan intelektual, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis.
DEFINISI:
Kompetensi merupakan gabungan dari pengetahuan, keterampilan dan sikap, dengan kata lain, kompetensi merupakan gabungan dari konsep dan fakta (yaitu pengetahuan), deskripsi keterampilan (misalnya kemampuan untuk melakukan proses) dan sikap (misalnya disposisi, pola pikir untuk bertindak).
PENGETAHUAN:
Pengetahuan adalah hasil asimilasi informasi melalui pembelajaran. Pengetahuan adalah kumpulan fakta, prinsip, teori, dan praktik yang terkait dengan bidang pekerjaan atau studi.
Contoh pengetahuan: Menyadari…, Mengetahui tentang…, Memahami bahwa…, dan lain sebagainya.
KETERAMPILAN:
Keterampilan tersebut adalah kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan menggunakan keterampilan untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah. Keterampilan digambarkan sebagai keterampilan kognitif (melibatkan penggunaan pemikiran logis, intuitif, dan kreatif) atau keterampilan praktis (melibatkan ketangkasan manual dan penggunaan metode, bahan, alat, dan instrumen).
Contoh keterampilan: Tahu bagaimana melakukan…, Mampu melakukan…, Mencari…, dll.
SIKAP KERJA:
Mereka dipahami sebagai motivator kinerja, dasar untuk kinerja kompeten yang berkelanjutan. Mereka mencakup nilai-nilai, aspirasi, dan prioritas.
contoh sikap: Terbuka terhadap…, Ingin tahu tentang…, Menimbang manfaat dan risikonya…, dll.
5 AREA KOMPETENSI:
1. Literasi Informasi Dan Data
1.1. Menjelajahi, Mencari Dan Memfilter Data, Informasi Dan Konten Digital
Untuk mengartikulasikan kebutuhan informasi, untuk mencari data, informasi, dan konten dalam lingkungan digital, untuk mengaksesnya, dan untuk menavigasi di antara semuanya. Untuk membuat dan memperbarui strategi pencarian pribadi.
1.2. Menilai Data, Informasi Dan Konten Digital
Menganalisis, membandingkan, dan mengevaluasi secara kritis kredibilitas dan keandalan sumber data, informasi, dan konten digital. Menganalisis, menafsirkan, dan mengevaluasi secara kritis data, informasi, dan konten digital.
1.3. Mengelola Data, Informasi Dan Konten Digital
Untuk mengatur, menyimpan, dan mengambil data, informasi, dan konten dalam lingkungan digital. Untuk mengatur dan memprosesnya dalam lingkungan yang terstruktur
2. Komunikasi Dan Kolaborasi
2.1. Berinteraksi Melalui Teknologi Digital
Untuk berinteraksi melalui berbagai teknologi digital dan memahami sarana komunikasi digital yang tepat untuk konteks tertentu.
2.2. Berbagi Melalui Teknologi Digital
Untuk berbagi data, informasi, dan konten digital dengan orang lain melalui teknologi digital yang sesuai. Bertindak sebagai perantara, untuk mengetahui tentang praktik referensi dan atribusi.
2.3. Kewarganegaraan Melalui Teknologi Digital
Berpartisipasi dalam masyarakat melalui penggunaan layanan digital publik dan swasta. Mencari peluang untuk pemberdayaan diri dan kewarganegaraan partisipatif melalui teknologi digital yang tepat.
2.4. Berkolaborasi Melalui Teknologi Digital
Untuk menggunakan peralatan dan teknologi digital untuk proses kolaboratif, dan untuk pembangunan bersama dan penciptaan bersama data, sumber daya, dan pengetahuan.
2.5. Netiket
Mengetahui norma perilaku dan pengetahuan saat menggunakan teknologi digital dan berinteraksi dalam lingkungan digital. Menyesuaikan strategi komunikasi dengan audiens tertentu dan menyadari keberagaman budaya dan generasi dalam lingkungan digital.
2.6. Mengelola Identitas Digital
Untuk membuat dan mengelola satu atau beberapa identitas digital, untuk dapat melindungi reputasi seseorang, untuk menangani data yang dihasilkan melalui beberapa alat, lingkungan, dan layanan digital
3. Pembuatan Konten Digital
3.1. Mengembangkan Konten Digital
Untuk membuat dan mengedit konten digital dalam berbagai format, untuk mengekspresikan diri melalui sarana digital.
3.2. Mengintegrasikan Dan Menyusun Ulang Konten Digital
Untuk mengubah, menyempurnakan, dan memadukan informasi serta konten baru ke dalam kumpulan pengetahuan dan sumber daya yang sudah ada guna menciptakan konten serta pengetahuan yang baru, orisinal, dan relevan.
3.3. Hak Cipta Dan Lisensi
Untuk memahami bagaimana hak cipta dan lisensi berlaku pada informasi dan konten digital
3.4. Pemrograman
Untuk merencanakan dan mengembangkan serangkaian instruksi yang dapat dipahami bagi sistem komputasi untuk memecahkan masalah tertentu atau untuk melakukan tugas tertentu.
4. Keamanan
4.1. Perangkat Pelindung
Untuk melindungi perangkat dan konten digital, dan untuk memahami risiko dan ancaman dalam lingkungan digital. Untuk mengetahui tentang langkah-langkah keselamatan dan keamanan dan memperhatikan keandalan dan privasi.
4.2. Melindungi Data Pribadi Dan Privasi
Untuk melindungi data pribadi dan privasi di lingkungan digital. Untuk memahami cara menggunakan dan membagikan informasi identitas pribadi sekaligus melindungi diri sendiri dan orang lain dari kerugian. Untuk memahami bahwa layanan digital menggunakan “Kebijakan privasi” untuk menginformasikan cara penggunaan data pribadi.
4.3. Melindungi Kesehatan Dan Kesejahteraan
Mampu menghindari risiko kesehatan dan ancaman terhadap kesejahteraan fisik dan psikologis saat menggunakan teknologi digital. Mampu melindungi diri sendiri dan orang lain dari kemungkinan bahaya di lingkungan digital (misalnya perundungan siber). Menyadari teknologi digital untuk kesejahteraan sosial dan inklusi sosial.
4.4. Melindungi Lingkungan
Untuk menyadari dampak lingkungan dari teknologi digital dan penggunaannya.
5. Penyelesaian Masalah
5.1. Menyelesaikan Masalah Teknis
Untuk mengidentifikasi masalah teknis saat mengoperasikan perangkat dan menggunakan lingkungan digital, dan menyelesaikannya (dari pemecahan masalah hingga penyelesaian masalah yang lebih kompleks).
5.2. Mengidentifikasi Kebutuhan Dan Respon Teknologi
Untuk menilai kebutuhan dan mengidentifikasi, mengevaluasi, memilih, dan menggunakan perangkat digital serta kemungkinan respons teknologi dan menyelesaikannya. Untuk menyesuaikan dan mengkustomisasi lingkungan digital dengan kebutuhan pribadi (misalnya aksesibilitas).
5.3. Menggunakan Teknologi Digital Secara Kreatif
Menggunakan perangkat dan teknologi digital untuk menciptakan pengetahuan dan melakukan inovasi proses dan produk. Terlibat secara individu dan kolektif dalam pemrosesan kognitif untuk memahami dan menyelesaikan masalah konseptual dan situasi masalah dalam lingkungan digital.
5.4. Mengidentifikasi Kesenjangan Kompetensi Digital
Untuk memahami bagian mana dari kompetensi digital seseorang yang perlu ditingkatkan atau diperbarui. Untuk dapat mendukung orang lain dalam pengembangan kompetensi digital mereka. Untuk mencari peluang pengembangan diri dan mengikuti perkembangan digital.